PROBLEMATIKA PENGGUNAAN BAHASA PENGANTAR DALAM PEMBELAJARAN PADASISWA KELAS IV DI SD NEGERI 144 SELUMA

Anggriani, Yenni (2021) PROBLEMATIKA PENGGUNAAN BAHASA PENGANTAR DALAM PEMBELAJARAN PADASISWA KELAS IV DI SD NEGERI 144 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
skripsi Yenni Anggriani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskrifsikan apa saja problematika penggunaan bahasa pengantar, dan untuk mengetahui dan mendeskrifsikan apa penyebab kondisi problematika penggunaan bahasa pengantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. dalam ruang-ruang pengajaran tertentu dapat terjadi kekacauan bahasa karena penggunaan dua dialek sekaligus selama waktu yang digunakan untuk latihan-latihan mendidik dan belajar. Hal inilah yang pada umumnya akan terjadi dalam ranah persekolahan. Dalam ranah pelatihan, tugas bahasa Indonesia memiliki bagian yang vital, selama waktu yang dihabiskan untuk mengajar dan mempelajari latihan. Bahasa pengantar yang digunakan oleh guru supaya peserta didik bisa memamahi materi pembelajaran dengan baik yaitu dengan menggunakan bahasa serawai atau bahasa daerah, hal ini dikarenakan siswa lebih memahami jika guru menyampaikan materi pembelajaran dengan guru menggunkan bahasa serawai atau bahasa daerah bukan dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Guru melakukan hal ini agar siswa memahami apa yang mereka sampaikan dan guru juga lebih mudah menjelaskan kepada peserta didik jika guru menggunakan bahasa daerah proses pembelajaran juga lebih efektif dan efisien peserta didik menerimah materi yang diajarkan. SD Negeri ini mayoritas dari daerah (dusun) sehingga masih kental sekali mereka mengguakan bahasa dearah sebagai alat berkomunikasi. Dilingkungan mereka tinggal mereka juga tidak perna mendengar bahasa Indonesia yang baik dan benar bahkan keluarga mereka juga tidak perna mengucapkan bahsa Indonesia. Di sekolah guru juga menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar proses pembelajaran apalagi guru yang memiliki daerah yang samah dengan peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Pengantar, Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:17
Last Modified: 04 Nov 2021 07:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7521

Actions (login required)

View Item View Item