MINAT PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR AL-QURAN HADITS DI MTS MUHAMMADIYAH KOTA BENGKULU

Zuniawan, Rahmad (2021) MINAT PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR AL-QURAN HADITS DI MTS MUHAMMADIYAH KOTA BENGKULU. Other thesis, UIN FAS.

[img]
Preview
Text
cd rizki.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh minat peserta didik dalam belajar Al-Quran Hadits di MTs muhammadiyah kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Minat Peserta Didik Dalam Belajar Al-Quran Hadits Di MTs Muhammadiyah Kota Bengkulu, upaya guru dalam meningkatkan minat peserta didik, serta mengetahui factor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat peserta didik dalam belajar Al-Quran Hadits di MTs Muhammadiyah Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi wawancara, dan dokumentasi, sumber data dari penelitiana dalah Guru bidang studi dan Siswa MTs Muhammadiyah Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa minat peserta didik di MTs Muhammadiyah Kota Bengkulu masih perlu untuk di tingkatkan dalam mengikuti pembelajaran Al-Qur‟an Hadits, terlihat dari sikap peserta didik yang merupakan manifestasi dari kurang berminat peserta didik dalam belajar, seperti peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru, peserta didik melamun, peserta didik tertidur, peserta didik malas-malasan dan lain sebagainya. Upaya Guru dalam meningkatkan minat peserta didik dengan cara mencari metode-metode yang menyenangkan siswanya seperti memutar video di kelas memakai laptop dan mencari materinya di internet browsing dan menyuruh mereka menonton, dan dalam hal menghapal, siswa tidak terlalu di paksa, jika di paksa untuk menyelesikan hapalan, akhirnya tidak masuk kelas, dan terkadang tidak di hapal. Adapun factor pendukungnya terdapat cukup tenaga pengajar, sarana dan prasarana dari sekolah, dan faktor penghambatnya kurangnya perhatian dan motivasi dari orang tua, sehingga minat siswa menjadi berkurang, dan kurangnya penggunaan media dan alat peraga dalam pembelajaran sehingga membuat siswa merasa kebosanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:19
Last Modified: 04 Nov 2021 07:19
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7530

Actions (login required)

View Item View Item