THE USE OF PARTICIPATION POINT SYSTEM IN TEACHING ENGLISH SPEAKING (A Classroom Action Research at the Seventh Grade Students of SMPN 06 Seluma in Academic Year 2020/2021)

Istikasari, Titin (2021) THE USE OF PARTICIPATION POINT SYSTEM IN TEACHING ENGLISH SPEAKING (A Classroom Action Research at the Seventh Grade Students of SMPN 06 Seluma in Academic Year 2020/2021). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
THESIS TITIN ISTIKASARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui metode participant point system (PPS) pada siswa kelas VII SMPN 06 Seluma tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat langkah; merencanakan, perlakuan, mengamati, dan merefleksikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7E SMPN 06 Seluma tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 30 siswa. Data tersebut berupa data kualitatif dan didukung pula oleh data kuantitatif. Data diambil dari tes berbicara dalam bentuk tes lisan. Demi mendapatkan hasil penelitian dilakukan tes berbicara, wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara dengan metode PPS. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, dapat dijelaskan bahwa penggunaan metode PPS dalam proses pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas VII SMPN 06 Seluma dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Sistem poin partisipasi dapat merangsang siswa untuk aktif. Metode PPS dapat memotivasi siswa untuk lebih banyak berbicara dan merupakan salah satu model bagi siswa untuk aktif dalam berkomunikasi. Peningkatan keterampilan berbicara siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa dalam setiap siklusnya. Peneliti juga menemukan bahwa peningkatan aktivitas siswa di kelas cukup baik. Ditemukan juga bahwa siswa memperhatikan pelajaran selama di kelas. Kesimpulannya, metode participant point system (PPS) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMPN 06 Seluma tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Poin Partisipasi, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:29
Last Modified: 04 Nov 2021 07:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7557

Actions (login required)

View Item View Item