POLA INTERAKSI ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SISWA SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 BENGKULU SELATAN

Sugianto, Sugianto (2021) POLA INTERAKSI ANTARA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SISWA SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUGIANTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pola interaksi antara guru Pendidikan Agama Islam dan siswa dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. mendeskripsikan fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan. Secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pola interaksi antara guru Pendidikan Agama Islam dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan merupakan pola interaksi yang bersifat asosiatif, yang mana interaksi ini mengarah pada bentuk-bentuk asosiasi seperti kerja sama, akomodasi, dan juga asimilasi. Interaksi antara guru dan siswa selalu dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas, baik itu di dalam kegiatan belajar mengajar maupun di luar kegiatan belajar mengajar. Di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan interaksi antara guru dan siswa selalu diupayakan dengan sebaik mungkin, mengingat baik atau tidaknya hubungan atau interaksi antara bapak/ibu guru dengan siswa merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kedisiplinan yang dimilki oleh siswa. Semakin baik interaksi bapak/ibu guru dengan siswa, maka akan semakin baik pula kedisiplinan yang dimiliki oleh siswa, begitu sebaliknya. Ketika guru mempunyai pola interaksi terhadap siswanya, yang mana pola interaksi tersebut merujuk pada kedisiplinan siswa maka secara otomatis siswapun akan selalu berperilaku disiplin dalam kesehariannya. Selain itu, interaksi sendiri merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk membina siswa agar selalu berperilaku dan bersikap disiplin dalam segala kegiatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pola Interaksi, Guru PAI, Kedisiplinan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:58
Last Modified: 04 Nov 2021 07:58
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7592

Actions (login required)

View Item View Item