PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MEMBACA AL-QUR’A<<N PADA TPQ FATH{UL ‘ULUM DI DESA HARGO BINANGUN KECAMATAN ULU TALO KABUPATEN SELUMA

S, RAFICHA WULANDHARI (2021) PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MEMBACA AL-QUR’A<<N PADA TPQ FATH{UL ‘ULUM DI DESA HARGO BINANGUN KECAMATAN ULU TALO KABUPATEN SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Raficka Skripsi 1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RAFICHA WULANDHARI. S, NIM 1711420005, ‚Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Membaca Al-Qur’a>n Pada TPQ Fath}ul ‘Ulum Di Desa Hargo Binangun, Kecamatan Ulu Talo, Kabupaten Seluma.‛ Permasalahan yang menjadi alasan penting dalam penelitian ini adalah pentingnya menerapkan suatu metode yang efektif dalam belajar mengajar membaca Al-Qur’a>n pada anak-anak usia dini. Ada dua permasalahan yang dikaji di dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan Metode Yanbu’a dalam membaca Al-Qur’a>n pada TPQ Fath}ul ‘Ulum di Desa Hargo Binangun. (2) apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penerapan Metode Yanbu’a dalam membaca Al-Qur’a>n pada TPQ Fath}ul ‘Ulum. Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui penerapan Metode Yanbu’a dalam membaca Al-Qur’a>n pada TPQ Fath}ul ‘Ulum di Desa Hargo Binangun dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penerapan Metode Yanbu’a pada TPQ Fath}ul ‘Ulum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Hal ini dikarenakan penelitian ini menekankan aspek fenomena yang ada di masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan Metode Yanbu’a di TPQ Fath}ul ‘Ulum di kelas finishing (yang sudah khatam Al-Qur’a>n) langkah�langkahnya yaitu: (a) Menyampaikan salam pembuka dan do’a sebelum kegiatan dimulai, (b) Membaca Al-Qur’a>n secara berjama’ah, (c) Hafalan surat-surat pilihan (Ya>si>n, Al-Wa>qi’ah}, dan Ar- Rahma>n), (d) Belajar Kitab Majmu’, hadits, dan fiqih (serta nasihat), dan (e) Penutup (do’a, salam, dan melantunkan shalawat). Faktor pendukung: Adanya sarana dan prasarana; Santri lebih mudah memahami dan menguasai materi; Dengan menggunakan Metode Yanbu’a ini memudahkan santri dalam menghafal Al-Qur’a>n; menggunakan metode pembelajaran lain diantaranya: baca simak (sorogan dan hafalan), bernyanyi dan menggunakan alat peraga; Orang tua yang turut memberi motivasi dan mendukung; dan Guru yang mengajar berlatar belakangkan pondok pesantren. Faktor penghambat antara lain: Santri tidak sama dalam daya pikirnya; Kurang adanya keketatan dalam menetapkan aturan-aturan; Hubungan antara santri dengan santri kurang menyenangkan; Keterbatasan waktu belajar sehingga materi tidak mencapai target; dan lokasi TPQ Fath}ul ‘Ulum yang dekat dengan jalan raya

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Yanbu’a, Membaca Al-Qur’a>n
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Al - Quran dan Tafsir
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:34
Last Modified: 05 Nov 2021 03:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7621

Actions (login required)

View Item View Item