Harto,, Sujian (2021) PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
CD SKRIPSI SUJIANnnnnnnn.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sujian Harto, Juli, 2021, Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid- 19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 5 Seluma, Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing : 1. Dr. Suhirman, M. Pd, 2.Hengki Satrisno, M. Pd.I Kata Kunci : Problematika, Guru dan Motivasi Belajar. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid- 19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Seluma dan usaha-usaha yang dilakukan guru PAI untuk mengatasi problematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI . Jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni, penelitian dengan mengumpulkan bahan atau data yang relevan, kemudian dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori yang ada sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu dengan teknik triangulasi sumber, kemudian disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan siswa kelas XI IPS 1. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problematika yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era Pandemi Covid-19 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu siswa masih kurang berpartisipasi atau kurang aktif dalam proses belajar mengajar, kedipsilinan dan keingintahuan siswa pun masih kurang jadi guru mata pelajaran harus labih kreatif untuk memancing keaktifan dan keingintahuan siswa serta maningkatkan motivasi belajar siswa. 2. Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, adalah: Faktor Internal meliputi Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi ketidak disiplinan siswa adalah memperketat, memperkuat, dan mempertegas peraturan yang berlaku dan memberi sanksi kepada siswa sesuai dengan tingkat kesalahan siswa. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keaktifan siswa adalah memancing siswa agar berani berbicara di depan kelas dan dengan memberi hadiah dan nilai tambahan. Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keingintahuan siswa adalah banyak memberikan pertanyaan kepada siswa dan sering memberikan tugas di sekolah maupun tugas rumah kepada siswa agar mereka lebih banyak mencari tahu sendiri daripada hanya menunggu dari gurunya ketika pelajaran sedang berlangsung. Faktor Eksternal meliputi Pengadaan sarana dan prasarana yang memadai. Perlunya sarana dan prasarana yang memadai untuk mengatasi masalah-masalah dalam pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Guru dan Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 07:23 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 07:23 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7622 |
Actions (login required)
View Item |