EFEKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI 79 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Fifin (2021) EFEKTIVITAS BELAJAR KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI 79 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIFIN PRATIWI NIM.1516240226.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dalam pembelajaran IPS siswa kelas V yang di asumsikan menggunakan belajar kelompok lebih baik dari pada tanpa menggunakan belajar kelompok di SD 79 Kota Bengkulu . Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VA berjumlah 28 orang sebagai kelompok kontrol dan kelas VB berjumlah 29 orang sebagai kelompok eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu efektifitas belajar kelompok sedangkan variabel terikat yaitu Hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu . Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t . Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas V yang di ajarkan menggunakan belajar kelompok lebih baik dari pada tanpa menggunakan belajar kelompok.hal tersebut dibuktikan pada hasil posttest siswa kelas VA tanpa menggunakan belajar kelompok yaitu dalam katagori sedang dan tinggi sebanyak 24 orang siswa (86%) mendapat nilai 64,12 sampai 83,02 sedangkan hasil belajar kelas VB yang menggunakan belajar kelompok sebanyak 27 orang siswa (96%) mendapat nilai 68,72 sampai 89,2 ke atas. Dapat dibuktikan juga dengan hasil perhitungan Uji t yaitu thitung sebesar 2,04 dan nilai ttabel untuk df=55 dengan taraf signifkan 5% adalah 2,004. Dari analisis tersebut di peroleh bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,04 > 2,004) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu hasil belajar IPS siswa kelas V yang di ajarkan dengan menggunakan belajar kelompok lebih baik dari pada siswa yang tanpa menggunakan belajar kelempok di SD negeri 79 Kota Bengkulu. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar IPS Postest kelas V B lebih tinggi dibandingkan kelas V A, yaitu Postest 96% >Postest 86%

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Belajar Kelompok terhadap Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:43
Last Modified: 05 Nov 2021 07:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7631

Actions (login required)

View Item View Item