PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI THE COLLABORATIVE SCHOOL MANAGEMENT (CSM) DI SD NEGERI 63 BENGKULU SELATAN

Wijayanti, Nicken (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI THE COLLABORATIVE SCHOOL MANAGEMENT (CSM) DI SD NEGERI 63 BENGKULU SELATAN. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS NICKEN WIJAYANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam implementasi the collaborative school management (CSM) dan hasil yang dicapai dalam implementasi the collaborative school management (CSM) di SD Negeri 63 Bengkulu Selatan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan kepala sekolah dalam implementasi the collaborative school management (CSM) di SD Negeri 63 Bengkulu Selatan, kepala sekolah mampu melakukan peranannya sebagai Pendidik (Educator), Pengelola/Manajer, Administrator, Supervisor, Pemimpin (Leader), Inovator, dan sebagai Motivator di sekolahnya. Kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan dalam menjalankan perannya, dengan model kepemimpinan transformasional dalam memberikan motivasi kepada staf/guru. Selain itu, kepala sekolah memiliki hubungan yang baik dengan warga sekolah lainnya, terutama dengan guru dan orang tua dalam wadah komite sekolah. Kepala sekolah bahkan mengapresiasi keterlibatan orang tua dalam setiap kegiatan sekolah dan proses pembelajaran peserta didik. Dan hasil yang dicapai dalam implementasi the collaborative school management (CSM) di SD Negeri 63 Bengkulu Selatan antara lain adalah dukungan dari seluruh warga sekolah, dan kerjasama. Dengan adanya dukungan tersebut meningkatnya hubungan Kepala Sekolah, Guru, Wali Murid, Masyarakat, dan Siswa dalam manajemen yang menciptakan simbiosis mutualisme sehingga visi misi yang digenggam bidang-bidang tersebut tercapai. Meningkatnya jalinan silaturahmi antar stakeholders, yakni kepala sekolah dengan wali murid, guru dan siswa, dari hubungan tersebut diharapkan mampu tercapainya visi misi yang telah ada. Tercapainya siswa/i yang memiliki intelektual dan intelegensi yang baik. Memberi kontribusi terhadap dukungan belajar belajar siswa dan guru. Dengan adanya the collaborative school management (CSM) ini meningkatkan komunikasi saling keterbukaan antara kepala sekolah dan guru serta wali murid dalam menjalankan aktivitas sekolah, menciptakan inplus dalam kegiatan sekolah yang lebih produktif, efektif dan efisien. Saling memajukan, menciptakan efektivitas dalam bekerjasama. Antar pihak saling terbuka, saling mengerti satu sama lain, saling menghargai, dan membangun kerjasama yang baik. Dengan kerjasama, kepala sekolah dapat menjalankan peran-peran kepemimpinannya dengan optimal. Melalui kerjasama, sekolah dapat berkembang dan maju sehingga dapat tercapai visi dan misi sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Sekolah, Implementasi, The Collaborative School Management (CSM).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:43
Last Modified: 05 Nov 2021 07:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item