PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 03 DESA TALANG PADANG PASEMAH AIR KERUH MASA PANDEMI COVID-19

Alaya, Jumaisa (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 03 DESA TALANG PADANG PASEMAH AIR KERUH MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUMAI FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19 yang berisi bahwa belajar dari rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ, daring) dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Namun banyaknya kendala di SMP N 03 Desa Talang Padang Pasemah Air Keruh sehingga pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak dapat berjalan dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran Agama Islam di SMP N 03 Talang Padang Pasemah Air Keruh Masa Pandemi COVID-19. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian mendalam mencakup keseluruhan yang terjadi dilapangan, dengan tujuan untuk mempelajari secara mendalam tentang latar belakang keadaan sekarang. Temuan dalam penelitian ini di SMP N 03 Talang Padang Pasemah Air Keruh belum ada pelatihan khusus untuk pembelajaran jarak jauh. Persiapan guru dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yaitu RPP, metode dan media pembelajaran. Metode khusus yang digunakan di SMP N 03 Talang Padang Pasemah Air Keruh dalam pembelajaran jarak jauh ini adalah metode luring dan daring. Media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran jarak jauh adalah media massager dan whatssapp. Fasilitas dalam pembelajaran jarak berupa kuota belajar. Faktor pendukung pembelajaran jarak jauh adalah guru lebih kreatif dan aktif dalam menentukan metode dan media pembelajaran, guru dapat mengoperasikan teknologi berupa gedget dan komputer dll, dan yang terpenting adalah terciptanya komunikasi yang baik antara guru dan orang tua. Faktor penghambat pembelajaran jarak jauh yaitu kurangnya akses jaringan, kurangnya pemahaman guru terhadap teknologi dan sosial media dan kurangnya pemahaman guru dalam memilih metode dan media belajar dan masih ada siswa yang tidak memiliki gedget, kurangnya dukungan dan perhatian dari orang tua, dan siswa kurang memahami pembelajaran yang diberikan kepada guru secara onlien serta faktor dari lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Pendidikan Agama Islam, Covid 19
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:03
Last Modified: 05 Nov 2021 08:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7677

Actions (login required)

View Item View Item