STRATEGI GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SISWA KELAS TINGGI DAN RENDAH SDIT AL-QISWAH KOTA BENGKULU

SARITHI, Diah (2021) STRATEGI GURU MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SISWA KELAS TINGGI DAN RENDAH SDIT AL-QISWAH KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DIAH SARITHI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru matematika dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 bagi siswa kelas tinggi dan rendah serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan strategi guru matematika dalam pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 bagi siswa kelas tinggi dan rendah serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu. Subyek penelitian ini adalah hasil wawancara dengan informan dari SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu, yakni Kepala Sekolah, 1 (satu) orang guru matematika kelas tinggi, 5 (lima) orang wali kelas di kelas rendah, 5 (lima) orang guru selain guru matematika dan 5 (lima) orang siswa di kelas 1-6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika di kelas tinggi dan rendah telah menggunakan berbagai strategi pembelajaran untuk mengupayakan proses pembelajaran dapat terlaksana di masa pandemi Covid-19, strategi pembelajaran tersebut yaitu: Online learning dan Home visit pada kelas tinggi serta strategi pembelajaran langsung dan Study Club pada kelas rendah. Berikut faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran daring di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu: (1) faktor pendukung dalam pembelajaran daring yaitu adanya Handphone sebagai media yang mendukung pembelajaran, adanya kuota, adanya fasilitas buku dari sekolah, dan adanya aplikasi yang memudahkan kita dalam kegiatan belajar mengajar secara daring, (2) faktor penghambat yang dialami oleh para guru dan para siswa dalam pembelajaran daring yaitu pelaksanaan Online learning pada pembelajaran matematika kurang kondusif, sulitnya mengukur pencapaian pembelajaran, sulit memastikan apakah itu murni hasil kerja siswa dan masalah media seperti tidak semua siswa memiliki HP Android atau laptop dan kuota internet, terdapat gangguan sinyal atau susah sinyal, tidak bisa bertatap muka langsung yang menyebabkan wali murid dan siswa kurang memahami penjelasan dari materi yang disampaikan, sulit mengerjakan soal yang diberikan dan kurang antusias dalam mengikuti proses dalam pembelajaran daring. Keterbatasan waktu dalam pelaksanaan Home visit dan strategi pembelajaran langsung, serta keterbatasan tempat dan suasana belajar yang kurang kondusif dalam pelaksanaan Study Club

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Matematika, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi Covid-19, Siswa Kelas Tinggi dan Rendah.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:51
Last Modified: 05 Nov 2021 08:51
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7705

Actions (login required)

View Item View Item