PENGEMBANGAN ASSESSMENT IPA UNTUK MENGUKUR HOTS ( HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Despa, , (2021) PENGEMBANGAN ASSESSMENT IPA UNTUK MENGUKUR HOTS ( HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESPA TADRIS IPA A NIM 1711260024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kelayakan assessment IPA untuk mengukur HOTS (High Order Thinking Skill) siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini telah dilakukan pada bulan april tanggal 14 sampai tanggal 15 april 2021 di SMP 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII C di SMP 2 kota Bengkulu, adapun yang menjadi sampel penelitian ini hanya kelas VII yang berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Asessmen IPA dinyatakan valid dengan interprestasi tinggi yang dapat dilihat dari nilai Validasi ketiga validator yang diantaranya validasi ahli materi mendapatkan interprestasi 70 %, sedangakn validasi ahli bahasa memperoleh interprestasi 95 % dan terakhir validasi ahli assessment mendapatkan interprestasi 77,7 % . Realibelitas asessmen IPA dinyatakan reliabel kerena berdasarkan analisis asessmen IPA reliabilitas yang diperoleh adalah 0,76 dengan interprestasi reliabilitas tinggi.tingkat kesukaran dan daya pembeda dari asessmen IPA yang diperoleh secara umum sudah baik tetapi terdapat 5 butir soal dengan daya pembeda sangat buruk sehingga butir soal ini tidak dapat digunakan dalam mengukur HOTS (High Order Thingking Skill) siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian ini menghasilkan soal dari uji coba kelompok kecil yang berkualitas atau layak digunakan terdiri dari 25 soal pilihan ganda pada materi sistem organisasi kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Assessment IPA, HOTS (High Order Thingking Skill)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:11
Last Modified: 08 Nov 2021 01:11
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7719

Actions (login required)

View Item View Item