STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ERA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV DI MIN 01 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2020/2021

Sari, Ayu Fitria (2021) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ERA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS IV DI MIN 01 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2020/2021. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU FITRIA SARI TERBARU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan era pandemi covid-19 siswa kelas IV di MIN 01 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Peneliti membatasi masalah siswa kelas IV di MIN 01 Kota Bengkulu mata pelajaran Pendiikan Jasmani Olahrga da Kesehatan materi BAB9 Cedera dan Penanggulangannya era pandemi covid-19 ini. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitassosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil penelitian terhadap 9 informan, yaitu Kepala Sekolah, 2 Guru PJOK, 6 orangtua siswa dan 6 siswa kelas IV. Dengan pembelajaran di era pandemi covid-19 sekolah menggunakan sistem daring atau belajar dari rumah. Strategi yang digunakan dari kedua guru PJOK di era pandemi covid-19 yang mana pembelajaran di lakukan secara daring, maka guru PJOK melakukan pemanfaatan teknologi seperti whatsapp, penggunaan media pembelajaran seperti video, sebagai bahan penjelasan dan membuat siswa lebih mengerti, tentunya masih melibatkan orangtua untuk mengawasi anak-anaknya dalam belajar, dan mempraktekan materi pembelajaran seperti siswa membuat video saat siswa mempraktekanya. Sedangkan untuk siswanya bisa memahami pembelajaran dengan strategi guru yang digunakan oleh guru, walaupun masih ada sedikit siswa yang belum bisa memahaminya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Era Pandemi Covid-19`
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:21
Last Modified: 08 Nov 2021 01:21
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7751

Actions (login required)

View Item View Item