REVITALISASI PENDIDIKAN MORAL MELALUI PERAN KIAI SEBAGAI PENDIDIK DI MTs PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU

Sundari, Rina (2021) REVITALISASI PENDIDIKAN MORAL MELALUI PERAN KIAI SEBAGAI PENDIDIK DI MTs PONDOK PESANTREN PANCASILA KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
CD SKRIPSI RINAnew.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kiai sebagai pendidik di pondok pesantren berperan dalam merevitalisasi pendidikan moral siswa. Peran ini diasumsikan sudah dijalankan oleh kiai di Pondok Pesantren Pancasila. Adapun upaya kiai dan ustadz di MTs Pancasila dalam merevitalisasi pendidikan moral dilakukan dengan penyampaian pesan�pesan moral, memberikan penanaman nilai islami, penerapan dan pembiasaan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari dikalangan siswa MTdan menjadi santri di MTs Pancasila. Untuk mendalaminya, peneliti tertarik untuk mengungkapkan permasalahan bagaimanakah upaya revitalisasi pendidikan moral yang dijalankan oleh kiai di Pondok Pesantren Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui upaya kiai dan ustadz dalam merevitalisasi pendidikan moral di MTs Pancasila. 2) bagaimana bentuk binaan yang dilakukan kiai dan ustadz dalam merevitalisasi pendidikan moral di MTs Pancasila. 3). solusi untuk mengatasi kendala dalam proses revitalisasi binaan pendidikan moral pada peserta didik. 4) dampak yang terjadi setelah adanya revitalisasi pendidikan moral melalui peran kiai di MTs Pancasila. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, setting penelitian ini dilakukan di MTs Pondok Pesantren Pancasila yang beralamat di Jl. Rinjani Kel. Jembatan Kecil, Kec. Singgaran Pati Kota Bengkulu. Subjek dan informan dalam penelitian ini: kiai di pesantren, kepala sekolah, siswa dan siswi di MTs Pancasila. Dalam tekhnik pengumpulan data penelitian ini mengunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik keabsahan data menggunakan tehnik tringulasi sumber, adapun teknik analisa data peneliti mengunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan hasil penelitian ini menggaris bawahi tiga temuan: 1) dampak pembinaan moral terhadap siswa dan siswi memberikan nilai positif. 2) sikap dan tingkah laku para siswa mayoritas menjalankan semua aturan yang ada di MTs Pancasila. 3) revitalisasi pendidikan moral melalui binaan kiai dan ustadz sangat berpengaruh terhadap sikap dan prilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari, melalui kegiatan sholat dhuha berjamaah, mendegarkan khutbah bersama sebagai siraman rohani serta tilawahtil qur’an.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi, Pendidikan Moral, Peran Kiai
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:28
Last Modified: 08 Nov 2021 01:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7768

Actions (login required)

View Item View Item