Adila, Nurul (2021) “PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BERBANTUAN APPSGEYSER.COM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI PLUS NUR RAHMA KOTA BENGKULU”. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
skripsi nurul adila.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mata pelajaran fiqih di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu ini masih dominan dilakukan pada pembelajaran secara konvesional. Guru mata pelajaran fiqih dalam sehari-hari masih menggunakan media gambar. Akhirnya sesi pembelajaran belum optimal dalam memenuhi target hasil belajar materi fiqih yang diajarkan. Untuk itu, maka dikembangkan media pembelajaran dengan aplikasi Android. Atas dasar ini peneliti melihat kelayakan media pembelajaran dengan menggunakan angket. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi Android yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang variatif pada pelajaran fiqih kelas IV MI semester dua. Dengan adanya media pembelajaran berupa aplikasi Android kuis materi fiqih kelas IV semester dua ini membuat peserta didik lebih tertarik dan aktif dalam pembelajaran di dalam kelas. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D), langkah pengembangan mengadopsi metode dari Sugiyono dilakukan dengan tujuh tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain , revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Hasil penelitian media pembelajaran aplikasi Android kuis materi fiqih kelas IV MI semester dua yang telah dikembangkan dan telah diujikan melalui angket. Hasil validasi angket ahli media dengan rata-rata penilaian sebesar 95% dikategorikan sangat layak. Hasil validasi angket ahli materi dengan rata-rata penilaian sebesar 96,66% dikategorikan sangat layak. Hasil validasi angket ahli bahasa dengan rata-rata penilaian sebesar 100% dikategorikan sangat layak. Hasil uji coba produk dengan kelompok terbatas di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu dengan responden guru fiqih kelas IV dan 11 peserta didik kelas IV menggunakan angket. Hasil validasi angket guru fiqih kelas IV dengan rata-rata penilaian sebesar 97,77% dikategorikan sangat layak. Hasil validasi angket peserta didik kelas IV dengan rata-rata penilaian sebesar 93,63% dikategorikan sangat layak. Hal ini menunjukkan media tersebut layak digunakan dalam proses pembelajaran, karena terbukti membantu proses pembelajaran fiqih kelas IV lebih menarik dan lebih efektif dipahami peserta didik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 01:28 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 01:28 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7769 |
Actions (login required)
View Item |