EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 65 KOTA BENGKULU

Firariona, Mavela (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 65 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAVELA FIRARIONA.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 65 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memfokuskan pada kegiatan-kegiatan mengidentifikasi, mendokumentasikan, dan mengetahui dengan interpretasi secara mendalam gejala-gejala, nilai, makna, keyakinan dan karakteristik umum seseorang atau kelompok masyarakat tentang peristiwa-peristiwa kehidupan. Teknik ini digunakan untuk mendapat gambaran dan penjelasan secara detail dan menyeluruh terhadap data-data yang ada. Dimana pengambilan data dilakukan dengan proses pendekatan terhadap subjek secara lebih mendalam, dibantu dengan tinjauan literatur yang sudah ada sebelumnya. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa proses pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom ini sudah efektif diterapkan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V. Hal ini dikarenakan pembelajaran daring dengan menggunakan google classroom pada mata pelajaran matematika dapat dengan mudah diakses baik oleh guru maupun peserta didik sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Adapun kendala yang dialami yaitu kekurangan sarana dan prasarana seperti ponsel, komputer dan jaringan internet sedangkan upaya yang dilakukan antara lain: memaksimalkan sumber daya yang ada, membuat rancangan pembelajaran yang mudah diakses oleh siswa, serta memilih aplikasi sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Google classroom, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:29
Last Modified: 08 Nov 2021 01:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7780

Actions (login required)

View Item View Item