PARENTING ORANG TUA MUSLIM DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK DI ERA DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 24 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU

ARSY YANI, FATIMAH (2021) PARENTING ORANG TUA MUSLIM DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK DI ERA DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 24 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Fatimah Arsy Yani, s2 (PAI), 1911540039.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah : 1) Apa saja tantangan parenting orang tua muslim dalam mendidik akhlak anak di era digital di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu ? 2) Bagaimana upaya orang tua muslim menangani tantangan parenting dalam mendidik akhlak anak di era digital di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu? 3) Apa saja tantangan guru Pendidikan Agama Islam dalam mendidik akhlak anak di era digital di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu ?. 4) Bagaiamana upaya guru Pendidikan Agama Islam menangani tantangan dalam mendidik akhlak anak di era digital di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu? 5) Bagaimana upaya orang tua dan guru dalam mendidik akhlak anak di era digital? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Tantangan parenting orang tua muslim dalam mendidik akhlak anak di era digital : Anak lebih pintar daripada orang tua, anak yang terbuka dan berpikir agresif, anak yang malas gerak, anak yang cenderung individual, dan anak yang selalu terkoneksi. 2) Upaya yang telah orang tua lakukan dalam mendidik akhlak anak : nasehat, mendampingi dan meningkatkan interaksi, mendidik anak agar patuh dengan guru dan mendidik dengan hadiah dan hukuman. 3) Tantangan bagi guru dalam mendidik akhlak anak di era digital : Melek digital, anak yang tidak suka diatur dan dikekang, anak yang gampang bosan dan informasi yang datang dengan cepat. 4) Upaya yang telah dilakukan oleh guru adalah : Pengenalan konsep akhlak, keteladanan, mencegah agar peserta didik tidak hedonis, memperkuat hubungan dengan peserta didik, menggunakan metode belajar yang sesuai, mengontrol lingkungan peserta didik. 5) Upaya yang telah dilakukan oleh orang tua dan guru adalah mengadakan pertemuan, surat menyurat dan memberikan daftar nilai atau raport.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Parenting, Guru, Akhlak Anak, Era Digital
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:32
Last Modified: 08 Nov 2021 01:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7793

Actions (login required)

View Item View Item