DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) DI PT. PATUNA MEKAR JAYA (PATUNA TOUR AND TRAVEL) KOTA BENGKULU

Darlinus, Dion (2021) DAMPAK COVID-19 TERHADAP PENYELENGGARA PERJALANAN IBADAH UMRAH (PPIU) DI PT. PATUNA MEKAR JAYA (PATUNA TOUR AND TRAVEL) KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dion Darlinus NIM.1711170016.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dampak Covid-19 Terhadap Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah di PT. Patuna Mekar Jaya (Patuna Tour and Travel) Kota Bengkulu. Oleh Dion Darlinus NIM. 1711170016 Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan oleh Covid-19 terhadap P enyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di PT. Patuna Mekar Jaya (Tour and Travel) Kota Bengkulu, serta bagaimana solusi untuk meminimalisir dampak agar perusahaan masih dapat bertahan selama Pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pada Penyelenggara Perjalanan Ibadah umrah yang ada Patuna Mekar Jaya Tour and Travel di Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian, seperti data yang diperoleh dari wawancara langsung dengan pihak travel. Sedangkan data sekunder adalah data yang telah tersedia dalam berbagai bentuk, seperti data yang tersedia di penelitian dalam bentuk skripsi. Simpulan dari penelitian ini adalah Covid-19 sangat berdampak pada Penyelenggara Perjalanan Ibadah umrah (PPIU) Patuna Mekar Jaya (Tour and Travel) di Kota Bengkulu. Dampak yang ditimbulkan antara lain: penurunan pendapatan, penurunan omset, pengurangan jumlah karyawan, dan operasional perusahaan yang terbatas. Strategi yang dilakukan perusahaan adalah strategi adaptif (strategi Penyesuaian) untuk melakukan penyesuaian dengan keadaan sekarang. Di dalam strategi adaptip terdapat strategi defenders yaitu untuk lebih cenderung mempertahankan perusahaan yang telah dicapai dan produk yang stabil. Strategi tersebut memunculkan inovasi-inovasi yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat. Seperti gencar melakukan promosi di media sosial dan brosur dimasa pandemi serta melakukan inovasi guna meminimalisasi resiko Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dampak, COVID-19, PPIU
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Haji dan Umrah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 08 Nov 2021 01:55
Last Modified: 08 Nov 2021 01:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7836

Actions (login required)

View Item View Item