NILAI-NILAI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR DAN IMPLEMENTASINYA DI SD ISLAM TERPADU (SDIT) IQRA’ 2 KOTA BENGKULU

NUR AIDAH, SITI (2021) NILAI-NILAI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM SURAT AL-ASHR DAN IMPLEMENTASINYA DI SD ISLAM TERPADU (SDIT) IQRA’ 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS SITI NUR AIDAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pandangan para ulama tentang surat Al-Ashr terkait dengan nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr di SD Islam Terpadu (SDIT) Iqra’ 2 Kota Bengkulu tentang manajemen waktu dengan bentuk POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controling). Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library reseach) dan kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas yang digunakan penelitian ini adalah validitas konstruk (construct validity) yang diperoleh dengan cara menguji validitas yang dilakukan oleh para ahli (expert judgment). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis konten dan analisis induktif dengan tahapan yang terdiri dari: reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan yang digambarkan dalam suatu proses siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr menurut para ulama yang dapat peneliti simpulkan berupa disiplin, keimanan, beramal shalih, saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati dalam kesabaran. 2. implemntasi nilai-nilai manajemen pendidikan Islam dalam surat Al-Ashr di SD Islam Terpadu (SDIT) Iqra’ 2 Kota Bengkulu tentang manajemen waktu dengan bentuk POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling) dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang terbagi dalam empat fungsi: a. dalam menerapkan fungsi perencanaan dengan menentukan tujuan dan kebijakan, b. dalam menerapkan fungsi pengorganisasian dengan memberikan kekuasaan kepada kepala sekolah serta waka untuk menyusun program kegiatan dan memberikan pembinaan kepada para peserta didik yang dilakukan langsung oleh para waka, c. dalam menerapkan fungsi pelaksanaan dengan menerapkan sistem pengajaran hafalan dan muroja’ah pada pelajaran Al-Qur’an dan hadis, dan d. dalam menerapkan fungsi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Islam, Surat Al-Ashr, Implementasi, Manajemen Waktu.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:43
Last Modified: 11 Nov 2021 01:43
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7895

Actions (login required)

View Item View Item