PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Dewi Ami, Seri (2021) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SERI DEWI AMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, untuk mengetahui kelayakan, respon guru dan siswa, Petunjuk praktikum dibuat semenarik dan sebaik mungkin. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Penelitian ini dibatasi pada tahap uji lapangan terbatas yaitu kelayakan dan uji respon siswa dan guru terhadap petunjuk praktikum berbasis guided inquiry. Instrument yang digunakan adalah angket validasi untuk kelayakan dan angket respon siswa dan guru terhadap petunjuk praktikum berbasis guided inquiry. Subjek penelitian adalah 3 IAIN Bengkulu terdiri atas 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli desian, 1 dosen ahli Bahasa. 1 orang guru IPA Kelas VII dan uji respon 10 orang siswa kelas VII SMPN 5 Kota Bengkulu. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian kriteria kelayakan dan dan uji respon terhadap petunjuk praktikum dengan persentase 88,3% (ahli materi), 85% (ahli desain), 88,3% (ahli Bahasa) dan persentase respon guru dilakukan kepada 1 orang guru IPA kelas VII yaitu ibu Pujiarti S.Pd memperoleh persentase 85% dengan kategori sangat layak. Uji respon siswa dilakukan pada 10 orang siswa kelas VII dengan persentase 80 % - 91% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan LIngkungannya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 11 Nov 2021 01:54
Last Modified: 11 Nov 2021 01:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7899

Actions (login required)

View Item View Item