PENGARUH PENERAPAN TERAPI WUDU TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUSSALAM KOTA BENGKULU

Nursopiyanti, Resti (2021) PENGARUH PENERAPAN TERAPI WUDU TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI MTs DARUSSALAM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
skripsi Resti Nursopiyanti.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang dipercaya dapat membawa keberhasilan anak didik dalam mencapai tujuan pembelajarannya adalah konsentrasi belajar yang baik. Menurut berbagai penelitian terdahulu, wudu dapat dijadikan terapi dalam membangun dan membangkitkan konsentrasi seseorang. Namun, berdasarkan observasi awal yang dilakukan di sekolah yang telah menerapkan terapi wudu, menimbulkan fakta bahwa tidak semua siswa yang sudah melaksanakan praktek wudu sebelum belajar konsentrasinya dapat meningkat, hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang mengantuk bahkan tertidur saat melaksanakan kegiatan belajar di kelas, siswa tidak dapat fokus pada mata pelajaran yang sedang dijelaskan oleh gurunya di depan kelas. Masalah penelitian yang teridentifikasi adalah munculnya dua pendapat, yaitu pendapat yang meyakini bahwa terapi wudu berpengaruh terhadap konsentrasi belajar, dan pendapat yang tidak meyakini bahwa terapi wudu berpengaruh terhadap konsentrasi belajar, sehingga diperlukan penelitian yang mendalam untuk membuktikan pendapat yang benar dan yang salah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan wudu terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa di MTss Darussalam Kota Bengkulu, metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang berkarakter probabilistik menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyyah Darussalam Kota Bengkulu terhadap 58 siswa-siswi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan survey kuesioner terhadap 58 siswa-siswi yang sudah melakukan praktek terapi wudu terstruktur selama 3 hari. Analisis dilakukan dengan metode regresi linear sederhana, di mana model regresi yang didapatkan adalah Y = 34,59571 + 0,640875 (X), yang mengindikasikan bahwa terapi wudu berpengaruh positif terhadap konsentrasi belajar siswa-siswi, maka kesimpulan dari penelitian ini yakni,a). variabel terapi wudu berkolerasi positif yaitu sebesar 0,922591396464199 atau 92,26% terhadap variabel konsentrasi belajar ( korelasi kuat), b). jumlah variabel independen hanya satu, maka yang perlu dilihat adalah R square, c). nilai R Square adalah 85,12% dari variabel konsentrasi belajar, d). nilai R Square sebesar 0,851174884829761 dirasa cukup dalam analisis Regresi, dimana kriteria aman nilai R square adalah Engineer (>0,6), untuk expert (>0,8), e). untuk tingkat kepercayaan ( confident interval ) 95%, model regresi tersebut akan akurat dalam nilai intercept diantara 28,6902 sampai dengan 40,50127, nilai slope variabel terapi wudu diantara 0,56914 sampai dengan 0,71261.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terapi Wudu, Konsentrasi Belajar, Model Regresi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:08
Last Modified: 11 Nov 2021 02:08
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7902

Actions (login required)

View Item View Item