ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARTU ANGKA PELANGI UNTUK MEMOTIVASI KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI RA AS SHAFFAH KOTA BENGKULU

YENI, Yeni (2021) ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARTU ANGKA PELANGI UNTUK MEMOTIVASI KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI RA AS SHAFFAH KOTA BENGKULU. Masters thesis, IAIN Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TESIS YENI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini bagaimana pengembangan alat permainan edukatif kartu angka pelangi untuk memotivasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di RA As Shaffah Kota Bengkulu dan bagaimanakah efektifitas penggunaan alat permainan edukatif kartu angka pelangi untuk memotivasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di RA As Shaffah Kota Bengkulu. Untuk menjawab permasalahan di atas penulis mengunakan penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan, dengan langkah-langkah identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain produk, perbaikan produk, uji coba produk skala kecil, revisi produk akhir. Dari hasil penelitian didapati bahwa 1) pengembangan alat permainan edukatif kartu angka pelangi untuk memotivasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di RA As Shaffah Kota Bengkulu diadopsi dari APE kotak kubus yang bertuliskan angka 1 sampai 10. Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan kartu angka pelangi, berupa; pipa kecil untuk tiang, triplek, cat warna, lampu kecil (LED) untuk memberikan cahaya diangka, acralit, audio (perekam suara), ampli (alat penguat suara), kabel, lem, baterai, Tombol on of dan isolasi warna warni. Dengan teknik pembuatan dilakukan cengan cara membuat kotak dan akralit stikernya, pengadaan komponen elektronik, yaitu perekam suara dan ampli (penguat suara), perakitan dan pemasangan lampu Led berbentuk angka dengan mengunakan kabel dan lem, perakitan semua komponen dan dikoneksikan kesemua komponen elektroniknya, pemasangan tomboll on of dan baterai, dan pemasangan isolasi warna warni dipinggir kartu angka pelangi. Cara penggunaannya, yaitu guru menjelaskan terlebih dahulu APE kartu angke pelangi, guru menekan tombol on of, maka keluarla suara dan lampu sesuai dengan angka yang diambil, dan anak bisa bergantian memainkan APE kartu angka pelangi dari angka 1-10. 2) media permainan edukatif kartu angka pelangi dianggap efektif karena telah disusun oleh penulis yang selanjutnya telah diukur keefektifannya berdasarkan pendapat para ahli dan anak didik sebagai berikut: ahli materi, dicapai dengan persentase 84,44%, dalam kategori layak, ahli media menyebutkan bahwa dari aspek media permainan edukatif kartu angka pelangi memiliki kategori sangat baik dengan 92,85%. Dari aspek tampilan hasil program dengan 84,44% berkategori baik. Sedangkan aspek ketiga mengenai kualitas teknis dan kefektifan dinyatakan sangat baik. Anak usia dini, setelah penggunaan media permainan edukatif kartu angka pelangi aspek perkembangan kognitif mengenal lambang bilangan melalui Posttest di RA dengan jumlah sampel sebanyak 10 anak. Hasil perhitungan diperoleh = 50 % berkembang sangat baik, 40% berkembang sesuai dengan harapa, dan hanya 10% yang mulai berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: APE, Kartu Angka Pelangi, Lambang Bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:52
Last Modified: 28 Dec 2021 02:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7910

Actions (login required)

View Item View Item