PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN MELALUI BAURAN PEMASARAN TINJAUAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA RUMAH MAKAN ISLAMI SEJAHTERA)

Asjara, Farizy (2022) PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN MELALUI BAURAN PEMASARAN TINJAUAN PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA RUMAH MAKAN ISLAMI SEJAHTERA). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
FARIZY ASJARA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peningkatan Volume Penjualan Melalui Bauran Pemasaran Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Rumah Makan Islami Sejahtera). Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan kepustakaan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Peningkatan Volume Penjualan Melalui Bauran Pemasaran Tinjauan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Rumah Makan Islami Sejahtera) sebagai berikut: (1) Penerapan Bauran Pemasaran Rumah Makan Islami Sejahtera saat ini telah menerapkan empat komponen yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi. Namun penerapan Bauran Pemasaran Rumah Makan Islami Sejahtera saat ini belum optimal pada komponen promosi. Mereka tidak menggunakan promosi melalui sosial media. Promosi pemasaran Rumah Makan Islami Sejahtera adalah pemasaran langsung, yaitu dari mulut kemulut atau secara lisan (worth of mouth), serta dengan memberikan makanan gratis kepada konsumen maupun kepada karyawan. Rumah Makan Islami Sejahtera yaitu tidak memiliki target dalam penjualannya, hal ini dilakukan karena mereka masih tetap mendapatkan keuntungan tanpa memiliki target. Dari segi mendapatkan laba, Rumah Makan Islami Sejahtera selalu mendahulukan kepuasan konsumen dari pada keuntungan. (2) Dan Bauran pemasaran dalam tinjauan ekonomi Islam adalah: dari segi produk, harga, distribusi dan promosi sudah dapat dikatakan efektif karena telah sesuai dengan tinjauan ekonomi islam, karena sudah berlaku jujur dan transparan, harga sesuai dengan harga pasar, tempat yang bersih dan layak, dan tidak adanya unsur-unsur kebohongan dalam penyampaian informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Ekonomi Islam, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:30
Last Modified: 24 Mar 2022 03:30
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8116

Actions (login required)

View Item View Item