PEMASARAN SYARIAH BERBASIS E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PRODUK DI TOKO SUCI COLLECTION BENGKULU

YANI, MAULIDA PITRI (2022) PEMASARAN SYARIAH BERBASIS E-MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PRODUK DI TOKO SUCI COLLECTION BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
MAULIDA PITRI YANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui pemasaran syariah berbasis media sosial dalam meningkatkan pendapatan dan daya jual produk, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemasaran syariah berbasis media sosial dalam meningkatkan pendapatan dan daya jual produk di Toko Suci Collection Bengkulu. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adpaun untuk data yang diperoleh di lapangan penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat peneliti simpulkan bahwa: 1) Ditinjau dari perspektif pemasaran syariah, Toko Collection Bengkulu selain menerapkan teori dan konsep strategi pemasaran konvensional, juga menerapkan strategi pemasaran Islami yang terdiri atas tiga hal pokok pertama, penerapan karakteristik pemasaran Islami; kedua, penerapan etika bisnis Islami; ketiga, mencontoh praktik pemasaran secara Islam. Karakteristik pemasaran Islami yang diterapkan Toko Collection Bengkulu adalah ketuhanan (tauhid), akhlak, realistis, etika bisnis Islami yang diterapkan Toko Collection Bengkulu yaitu produk yang halal dan thoyyib, produk yang berguna dan dibutuhkan, produk yang berpotensi ekonomi atau benefit, produk yang bernilai tambah yang tinggi, dalam jumlah yang berskala ekonomi dan sosial, produk yang dapat memuaskan masyarakat; 2) Faktor pendukung Toko Collection Bengkulu adalah harga yang murah, kemudahan dalam akses penjualan dan pembelian barang, ruang jual luas dan halaman parkir cukup dan mudah terlihat. Karena tidak ada bangunan yang menghalangi, selain itu juga Pemukiman di sekitar toko merupakan aset bagus bagi pasar target pemasaran toko, kemudian juga kemudahan dalam mencari karyawan dari warga sekitar. Sedangkan untuk hambatanya antara lain: a) Pesaing; b) Tidak semua konsumen memiliki handphone; c) Kurang minatnya konsumen; d) Faktor pandemi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Syariah, E-Marketing, Daya Jual Produk
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:36
Last Modified: 25 Mar 2022 07:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8124

Actions (login required)

View Item View Item