PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 KOTA BENGKULU

Azizah, Alfiatul (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
ALFIATUL AZIZAH.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan pendidikan karakter kelas IV pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 20 Kota Bengkulu, untuk mengetahui apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan dalam menanamkan pendidikan karakter kelas IV pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 20 Kota Bengkulu, untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menanamkan pendidikan karakter kelas IV pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, yakni penelitian yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu masalah atau keadaan atau peristiwa. Hal ini sesuai dengan definisi penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-katater tulisan atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui informasi tentang peran guru PAI dalam menanamkan pendidikan karakter di SD N 20 Kota Bengkulu pada masa Covid-19. Banyak juga siswa merasa stres karena terbebani saat harus sekolah pada masa pandemi Covid-19. Adapun hasil penelitian ini ialah peran guru PAI SD Negeri 20 Kota Bengkulu sangat mempengaruhi perilaku, pengetahuan serta prestasi dengan adanya pendidikan karakter yang telah sesuai dengan ketentuan silabus pembelajaran. Guru PAI SD Negeri 20 Kota Bengkulu pun mudah dalam melakukan evaluasi dengan memberikan penilaian terhadap karakter yang telah muncul pada peserta didik dan melakukan evaluasi terhadap perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter dan menemukan solusi agar pembelajaran pendidikan karakter berjalan dengan baik. Jika terdapat siswa yang melanggar disiplin sekolah maka biasanya sekolah akan memberikan sanksi yang bertujuan untuk memberikan efek jera kepada siswa tersebut namun tidak melanggar norma pendidikan agama, tetap memberikan contoh didikan yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Karakter, dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Furqon FA Adli
Date Deposited: 06 Apr 2022 01:17
Last Modified: 06 Apr 2022 01:17
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8187

Actions (login required)

View Item View Item