PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 LEBONG

Yunanti,, Anggun Puti (2021) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 02 LEBONG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
ANGGUN PUTI YUNANTI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kompetensi profesional dan pedagogik mengharuskan guru memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru untuk dapat melaksanakan tugas-tugas profesionalnya dengan cara mengarahkan siswa. Dalam kedua kompetensi tersebut pada dasarnya merupakan upaya peningkatan kualitas pembelajaran, berbagai upaya dilakukan yaitu dengan peningkatan motivasi belajar. Dalam hal belajar siswa akan berhasil apabila di dalam dirinya sendiri ada kemauan untuk belajar dan keinginan atau dorongan untuk belajar, karena dengan peningkatan motivasi belajar maka siswa akan tergerak, terarahkan sikap dan perilaku siswa dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar matematika siswa di MIN 02 Lebong dan apakah terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa di MIN 02 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan penelitian ex post facto korelasi. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan sampel yang diambil yaitu Kelas IV-VI berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket atau kuesioner dan dokumentasi. Uji hipotesis data dengan uji t berpasangan (paired t-test) menggunakan SPSS Kolmogorov-Smirnov Test. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar matematika siswa di MIN 02 Lebong. Hal tersebut terbukti dengan hasil penelitian yaitu hasil regresi diketahui nilai signifikansi (sig) adalah 0,013 yang berarti nilai signifikansi (sig) (0,013) < (α) 0,05; 2) Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika siswa di MIN 02 Lebong. Hal tersebut terbukti dengan hasil penelitian yaitu hasil regresi diketahui nilai signifikansi (sig) adalah 0,047 yang berarti nilai signifikansi (sig) (0,047) < (α) 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:04
Last Modified: 26 Apr 2022 04:04
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8263

Actions (login required)

View Item View Item