PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SDN 79 KOTA BENGKULU

Nurfadhilah,, Anisa (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SDN 79 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ANISA NURFADHILAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penggunaan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita anak apada kelas V SDN 79 Kota Bengkulu? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada kelas V SDN 79 Kota Bemgkulu. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelas VA berjumlah 18 orang sebagai kelompok eksprimen dan VB berjumlah 18 orang sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini terdiri variabel bebas yaitu keterampilan menyimak cerita anak menggunakan alat bantu “media animasi audio visual” Sedangkan variabel terikat yaitu keterampilan menyimak. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisa data yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah itu data diolah menggunakan uji hipotesis meliputi uji-T terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 4,580 sedangkan ttabel dengan df 34 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,018. Demikian thitung > ttabel (4,580 > 2,018) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu Terdapat pengaruh keterampilan menyimak cerita anak siswa kelas V yang diajarkan dengan menggunakan media animasi audio visual lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan keterampilan menyimak cerita anak di SDN 79 Kota Bengkulu. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil tes kelas VA lebih tinggi dibandingkan kelas VB dan terdapat perbedaan belajar Bahasa Indonesia antara kelas yang diajar dengan menggunakan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita anak dengan tanpa menggunakan media animasi audio visual pada kelas V di SDN 79 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Animasi Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:24
Last Modified: 26 Apr 2022 04:24
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8269

Actions (login required)

View Item View Item