ANALISIS STRATEGI PROMOSI PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA CABANG BENGKULU

Hidayatullah, Hidayatullah (2021) ANALISIS STRATEGI PROMOSI PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA CABANG BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
SYAHRIL HIDAYATULLOH pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi promosi produk pada PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu dan dengan menggunakan SWOT. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kepustakaan. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu yaitu kepala, staff, dan marketing secara purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, display data, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi yang digunakan oleh PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu dalam mempromosikan produknya menggunakan teknik promosi penjualan dan personal selling. Kekuatan (S): asuransi pertama yang menerapkan prinsip syariah di Indonesia, mutu dan produk – produk yang sudah terjamin, tidak membedakan suku, ras, dan agama bagi calon nasabah, persyaratan untuk bergabung sangat mudah, tidak memerlukan biaya yang besar, citra produk yang baik, memiliki tempat yang strategis. Kelemahan (W): kurangnya SDM dari pihak PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu untuk mempromosikan produk, kurangnya promosi melalui media cetak dan media elektronik, promosi media sosial yang masih pasif, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai asuransi syariah, pihak marketing di PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu yang memiliki pekerjaan lain. Peluang (O): hubungan baik dengan nasabah, kepercayaan nasabah terhadap PT. Asuransi Takaful Keluarga Cabang Bengkulu, masyarakat masyoritas beragama Islam merupakan pasar potensial yang sangat besar. Ancaman (T): pemahaman masyarakat kurang mengenai konsep syariah, gencarnya promosi melalui media cetak dan media elektronik dari kompetitor, hadirnya kompetitor baru dengan konsep syariah maupun konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Promosi, Analisis Swot, Asuransi Takaful
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:34
Last Modified: 22 Apr 2022 03:34
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8295

Actions (login required)

View Item View Item