PENGARUH KECAKAPAN IMAJINASI DAN LISAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU

Setiawati,, Ayu (2022) PENGARUH KECAKAPAN IMAJINASI DAN LISAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 50 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
AYU SETIAWATI.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan diadakan penelitian ini ialah mengetahui pengaruh kecakapan imajinasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa X1 terhadap Y, mengetahui pengaruh kecakapan lisan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa X2 terhadap Y, dan mengetahui pengaruh kecakapan imajinasi dan lisan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 50 Kota Bengkulu X1 dan X2 terhadap Y. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif, sedangkan untuk desain penelitiannya ialah penelitian Ex Post Facto. Peneliti menggunkan populasi sebanyak 55 dan sample sebanyak 55 sample dimana karena populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sample,adapun teknik pengambilan sample yaitu sample jenuh. Saat penelitian berlangsung peneliti menggunkan dua kelas Setelah uji sampel, X1 terdapat 15 item yang dinyatakan valid dan reliable X2 melakukan tes bercerita siswa yang dinilai oleh guru dan peneliti kemudian untuk Y diambil dari nilai hasil ulangan harian. Hasil uji prasyarat analisis untuk uji normalitas kolmogorov smirnov 0,200 jadi data dinyatakan berdistribusi normal, mengenai uji linearitas R Square 0,571, dengan F 0,908 maka hubungannya adalah linear, dan untuk uji multikolinearitas nilai tolerance 1.000 serta VIF ialah 1.000 maka dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi multikolinearitas. Nilai koefisien korelasi yang didapat oleh penelitian ini untuk X1 sebesar 1,240, untuk X2 sebesar 0,270, dan adapun hasil dari uji f kecakapan imajinasi dan lisan terhadap hasil belajar memperoleh nilai fhitung > ftabel,= 3.611 > 3.18 . yang mana ini menunjukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dan dari hasi uji determinasi menunjukan bahwa pengaruh kecakapan imajinasi dan lisan terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu berpengaruh sebesar 12.2%. Sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada kecakapan imajinasi dan lisan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecakapan Imajinasi, Lisan, Hasil Belajar, Bahas Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:24
Last Modified: 26 Apr 2022 04:24
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8298

Actions (login required)

View Item View Item