STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ OLEH GURU PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Purwanti,, Dewi (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ OLEH GURU PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DI SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DEWI PURWANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Bagaimana Strategi Pembelajaran Team Quiz Oleh Guru Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Untuk mengetahui kendala dalam strategi pembelajaran team quiz oleh guru pada mata pelajaran IPS Di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Untuk mengetahui solusi dalam mengatasi strategi pembelajaran team quiz pada mata pelajaran IPS kelas V Di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan: Strateginya sudah digunakan dengan baik dan sudah cukup maksimal. Pada proses pembelajaran berlangsung guru mengalami kendala atau hambatan, pertama, siswa pasif apabila bekerja dan belajar sendiri-sendiri, siswa tidak membawa bahan pelajaran, dan tidak menggunakan media. Solusi untuk mengatasi kendala yang muncul pada strategi pembelajaran adalah, pertama, siswa dilatih secara terus menerus agar muncul rasa berani memberikan pendapat, kedua, guru memberikan arahan serta penjelasan kepada siswa agar lebih teliti dalam menyiapkan kelengkapan sekolah, ketiga, tetap harus menggunakan media agar siswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran team quiz oleh guru pada mata pelajaran IPS kelas V Di SD Negeri 52 Kota Bengkulu sudah diterapkan dan dapat meningkatkan keaktifan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran team quiz dapat meningkatkan keaktifan siswa baik dari segi bertanya, berdiskusi antar kelompok merespon, dan memberikan ide/tanggapan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Team Quiz
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:26
Last Modified: 26 Apr 2022 04:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item