PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 79 KOTA BENGKULU

Fitriyani,, Dina (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 79 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DINA FITRIYANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah mengalami kesulitan di dalam keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) antara kelas yang diajar dengan menggunakan model cooperative script pada kelas IV di SD Negeri 79 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan model pendekatan quasi eksperimen. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan tes soal pilihan ganda. Metode eksperimen ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelas IVC berjumlah 25 orang sebagai kelompok eksperimen dan IVD berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran cooperative script sedangkan variabel terikat yaitu keaktifan belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dapat di simpulkan bahwa dari perhitungan thitung dengan nilai ttabel maka di dapatkan nilai thitung yaitu 8,950 nilai ttabel 2,060 maka Ho di tolak dan Ha di terima yang berarti ada pengaruh model cooperative script terhada keaktifan belajar siswa keas IV SD Negeri 79 Kota Bengkulu dengan nilai signifikansi 0,000 0,05. Berarti bahwa model pembelajaran cooperative script dapat mempengaruhi keaktifan belajar siswa. Peneliti dapat menyarankan, jika ingin siswa aktif dalam pembelajaran, maka terapkan model pembelajaran cooperative script.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: cooperative script, keaktifan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 17 May 2022 04:15
Last Modified: 17 May 2022 06:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8348

Actions (login required)

View Item View Item