PENGARUH METODE QUIZ TEAM TERHADAP KEAKTIFAN, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 421 CURUP UTARA

Pratiwi,, Dineu cakra (2022) PENGARUH METODE QUIZ TEAM TERHADAP KEAKTIFAN, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 421 CURUP UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DINEU CAKRA PRATIWI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Quiz Team Terhadap Keaktifan, Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 124 Curup Utara. Hal ini dikarenakan pada saat proses pembelajaran IPS di kelas siswa masih passif, guru belum menggunakan metode yang bervariasi dan pembelajaran cenderung dengan menggunakan LKS. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desai quasi ekperimen . Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siwa kelas IV SD Negeri 124 Curup Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji T-tes dengan bantuan Program Statistical Product for Servicer Solution (SPSS) 17.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dari angket variabel X dan variabel Y1, maka dapat dilihat hasil penelitian pada kelas eksperimen terhadap keaktifan siswa sebesar 0,000 < 0,05. Nilai sig. pada variabel X dan variabel Y2 adalah 0,000 < 0,05. Dan niali sig. pada variabel X dan variabel Y3 adalah 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan pearson correlation 0,05 yang berarti derajat pengaruh metode tersebut terhadap keaktifan, kreativitas dan hasil belajar memiliki pengaruh yang sangat kuat serta arah pengaruh pengggunaan yang positif yang berarti semakin besar keaktifan, kreativitas dan hasil belajar siswa maka semakin besar pula nilai yang akan diperoleh begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Quiz Team, Keaktifan, Kreativitas, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 17 May 2022 06:45
Last Modified: 17 May 2022 06:45
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8349

Actions (login required)

View Item View Item