PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 50 KOTA BENGKULU

Putra,, Dovan adi (2022) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V DI SDN 50 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DOVAN ADI PUTRA.pdf

Download (15MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1. Untuk mengetahui penggunaan media audio visual dalam menumbuhkan kreativitas belajar matematika pada siswa kelas V di SDN 50 Kota Bengkulu, 2. Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media audio visual dalam menumbuhkan kreativitas belajar matematika pada siswa kelas V di SDN 50 Kota Bengkulu, dan 3. Solusi apa saja yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam penggunaan media audio visual dalam menumbuhkan kreativitas belajar matematika pada siswa kelas V di SDN 50 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SDN 50 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat menumbuhkan kreativitas belajar matematika siswa, karena dengan penggunaan media audio visual guru dapat menampilkan pembelajarannya dalam bentuk vidio pembelajaran seperti video youtube sehingga siswa tidak hanya terpaku pada buku yang ada dan juga dari penjelasaan guru. Faktor pendukung penggunaan media audio visual yaitu fasilitas sarana dan prasarana, lingkungan yang baik dan peran orang tua serta guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu dari diri siswanya sendiri, kondisi lingkungan yang kurang baik dan kurangnya peran orang tua siswa dan guru. solusi yang guru lakukan adalah setelah menggunakan media audio visual guru akan melakukan penjelasan kembali materi telah yang disampaikan secara garis besarnya saja. Dan juga guru akan memberikan soal atau pertanyan untuk mengetahui sudah sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Kreativitas Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 17 May 2022 06:46
Last Modified: 17 May 2022 06:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8350

Actions (login required)

View Item View Item