ANALISIS HASIL PENELITIAN YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PAKEM BAGI ANAK SEKOLAH DASAR

Sari,, Ermaya (2021) ANALISIS HASIL PENELITIAN YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PAKEM BAGI ANAK SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ERMAYA SARI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Analisis Hasil Penelitian yang Menggunakan Pembelajaran Pakem Bagi Anak Sekolah Dasar serta mengetahu itingkat keberhasilan metode Pakem yang digunakan peneliti dan relevansinya bagi anak sekolah. Jenis penelitian yang akan penulis lakukan ini adalah penelitian pustaka (library research) yaitu sebuah penelitian yang dilakukan di perpustakaan di mana pekeija riset membaca. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah peneliti lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: Dalam kajian buku Jamal Ma'mur Asmani menjelaskan bahwa PAKEM merupakan metode yang tepat bagi proses kegiatan pembelajaran di sekolah dasar, hal ini dikarenakan pembelajaran pakem adalah metode yang cukup komplit untuk diberikan kepada peserta didik. Pakem merupakan pendekatan mengajar yang digunakan bersama metode tertentu dan berbagai media pengajaran yang disertai penataan lingkungan dengan baik sehingga proses pembelajaran menjadi aktif, inovatif, kreatif, efektif serta menyenangkan. Pakem sendiri merupakan sebuah pendekatan yang memungkinkan peserta didik mengerjakan kegiatan beragam untuk mengembangkan ketrampilan, sikap, dan pemahamannya dengan penekanan belajar sambil bekeija. Dalam buku Jamal Ma'mur Asmani dijelaskan pula mengenai tujuh tips efektif aplikasi PAKEM, tips tersebut sangat berguna bagi kepala sekolah, guru dan semua pihak yang perduli bagi pengembangan dan peningkatan kualitas pembelajaran. Tips tersebut harus terus dikembangkan dengan kreativitas tinggi, sehingga relevansi dan aktualitasnya tetap terjaga. Beberapa tips aplikasi PAKEM tersebut antara lain: l) Memprioritaskan pelatihan guru; 2) Optimalisasi microteaching; 3) Mencoba teamteaching; 4) Menerapkan moving class; 5) Berlatih membuat ice breaker; 6) Membuat diktat praktis; 7)Sedikit bicara banyak diamnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pembelajaran Pakem, Anak Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 17 May 2022 06:46
Last Modified: 17 May 2022 06:46
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8361

Actions (login required)

View Item View Item