Qolbi,, Fatimah (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI MATEMATIKA SAAT PANDEMI COVID 19 DI SDN 140 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
FATIMAH QOLBI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran tatap muka terbatas dalam pembelajaran Tematik materi Matematika saat pandemi di SDN 140 Seluma. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teknik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran tatap muka terbatas sudah efektif, dengan kekurangan guru membahas materi berulang dengan kelompok belajar yang berbeda; (2) Upaya yang pertama, merangkum beberapa materi di dala satu pembelajaran. Kedua, mengulas materi terus menerus. Ketiga, soal-soal yang ada di buku tematik dikerjakan dirumah da dikoreksi disekolah, pada saat belajar disekolah guru hanya mengulas sedikit dan menyampaikan materi selajutnya. Keempat, memberikan pekerjaan rumah. Kelima, guru lebih aktif berkomunikasi dan berkoordinasi kepada orang tua dan memberitahu orang tua kekurangan anak pada saat belajar begitu juga orang tua terhadap guru. Terakhir, orang tua juga senatiasa siaga mendampingi siswa dan memotivasi siswa dengan berbagai cara agar siswa semangat belajar walaupun siswa belajar dirumah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Tematik Materi Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 17 May 2022 06:46 |
Last Modified: | 17 May 2022 06:46 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8362 |
Actions (login required)
View Item |