PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRA KULIKULER KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 38 BENGKULU UTARA

Dewi, Dita Asmarani (2022) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRA KULIKULER KEAGAMAAN DI SMP NEGERI 38 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
DITA ASMARANI DEWI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses-proses penguatan karakter melalui kegiatan ekstarakurikuler di SMP Negeri 38 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan Conclusion drawing atau Verification. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 38 Bengkulu Utara merupakan serangkaian kegiatan keagamaan yang dilalaksanakan di luar jam sekolah formal. Dalam kaitan ini, secara waktu kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 38 Bengkulu dibagi menjadi dua: pertama, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan secara rutin setiap hari yaitu Do‟a bersama dan shalat berjamaah. Kedua, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan pada momen-momen tertentu yaitu kegaitan Ramadhan seperti zakat fitrah, pengajian kitab, tadarus alQur‟an, kajian Fiqih dan tarawih keliling, Peringatan hari besar Islam seperti Isra Mi‟raj, Nuzul al-Qur‟an, Maulid Nabi, dan tahun baru Islam (1Muharram), dan Wisata rohani yang biasa dilaksanakan pada waktu akhir semester, seperti ziarah ke makam para wali. Ketiga, Bahwa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 38 Bengkulu Utara sebagaimana di poin 1 dapat membentuk nilai karakter sebagaimana berikut: Do‟a bersama dapat membentuk nilai keimanan, kejujuran, kedisiplinan, toleransi, dan kebersamaan. Salat berjamaah dapat membentuk nilai keimanadan kepatuhan, kerukunan dan persaudaraan, berbuat baik dan menjuhi kemungkaran, keikhlasan dan kerendahan hati, kedisiplinan, kebersamaan dan saling menghormati. Kegiatan Ramadhan dapat membentuk nilai keimanan, kebersamaan, kejujuran, kesabaran, keikhlasan, rasa empati, kerjasama dan cinta ilmu dan kepedulian sosial. Peringatan hari besar Islam dapat membentuk nilai keimanan, tanggungjawab, kerja keras, kemandirian, dan rasa percayadiri. Wisata rohani dapat membentuk nilai keimanan, keteladanan, pengabdian, berkatasantun, berperilaku sopan, dan tanggung jawab

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 20 May 2022 08:02
Last Modified: 20 May 2022 08:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8381

Actions (login required)

View Item View Item