IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMPN 19 KOTA BENGKULU

Sifrianto, Fero (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBINA TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMPN 19 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
FERO SIFRIANTO.pdf

Download (7MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu Bagaimana pembelajaran pendidikan agama islam terhadap pembinaan toleransi beragama yang berbasis multikultural dan Apa hambatan implementasi pembelajaran pendidikan agama islam terhadap toleransi yang berbasis multikultural di SMPN 19 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina toleransi beragama siswa di SMPN 19 Kota Bengkulu dan untuk mendeskripsikan hambatan dalam implementasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multikultural dalam membina toleransi beragama siswa di SMPN 19 Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang temuantemuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Adapun teknik dalam pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi untuk menarik kesimpulan dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pembelajaran PAI berbasis multikultural dalam membina toleransi beragama siswa di SMPN 19 kota Bengkulu menggunakan berbagai macam bentuk kegiatan, baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Bentuk kegiatan di dalam kelas diantaranya yaitu: a) Do’a pagi bersama, b) Bersikap universal dan tidak membeda-bedakan, c) Menyisipkan nilai-nilai toleransi, d) Menggunakan metode ceramah dan praktik secara langsung. Sedangkan bentuk pembelajaran diluar kelas yaitu: a) Kegiatan yang bersifat sosial. Adapun dampak yang ditimbulkan dari pembelajaran PAI berbasis Multikultural di SMPN 19 Kota Bengkulu yaitu : a)Terciptanya sikap saling menerima perbedaan dan saling menghargai, b) kegiatan sekolah dan suasana belajar yang bertoleransi, c) Terwujudnya keharmonisan dan kerukunan dalam keberagaman, d) Menghindari terjadinya konflik. Untuk mecapai suatu tujuan pembelajaran maka ada faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran. Adapun faktor pendukung yaitu: a) kebijakan pemerintah (kurikulum), b) lingkungan sosial sekolah, c) sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat yaitu: a) kematangan emosional siswa, b) pemahaman siswa terhadap pembelajaran PAI yang berbeda-beda

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Toleransi Beragama, Multikultural.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 20 May 2022 08:02
Last Modified: 20 May 2022 08:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8387

Actions (login required)

View Item View Item