PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA MI MATERIKEANEKARAGAMAN SUMBER DAYA ALAM NABATI PADA SUKU MANDAILING KABUPATEN PASAMAN BARAT

Ramadani, Hilwa (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA MI MATERIKEANEKARAGAMAN SUMBER DAYA ALAM NABATI PADA SUKU MANDAILING KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
HILWA RAMADANI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : Sesuai dengan rumusan masalah, maka menjadi tujuan peneliti ini adalah sebagai berikut : Mengetahui pengembangan modul berbasis etnosains sebagai bahan ajar pada materi keanekaragamani sumber daya alam nabati. Mengetahui kelayakan modul berbasis etnosains pada MIM Ujung Gading. Mengetahui keefektifan modul berbasis etnosains yang disusun berdasarkan keanekaragaman sumber daya alam nabati pada MIM Ujung Gading. Jenis penelitian yaitu metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development. Penelitian dan pengembangan(R&D) adalah sebuah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh memperbaiki praktik. Kesimpulan dalam penelitian ini Hasil pengembangan produk yang dihasilkan berupa modul IPA berbasis etnosains sebagai bahan ajar IPA dengan materi keanekaragaman sumber daya alam nabati dan dari mengumpulkan informasi dari desa Ujung Gading suku mandailing dan MIM Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat. Keefektifan modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi keanekaragaman sumber daya alam nabati untuk siswa kelas III MIM semester II dilengkapi nilai-nilai etnosains terkait materi keanekaragaman sumber daya alam nabati. Modul yang dikembangkan divalidasi untuk melihat kelayakannya kepada validator, keseluruhan desain modul dinilai sangat valid oleh validator yang berarti modul layak digunakan dalam pembalajaran. Tingkat kelayakan memperoleh hasil persentase 84,5% dengan kategori sangat valid dan uji respon oleh peserta didik menunjukkan persentase keseluruhan 90,6% yang berarti modul dinilai sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Etnosains, keanekaragaman sumber daya alam nabati, MIM (Madrasah Ibtidyah Muhamadiyah)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 23 May 2022 02:02
Last Modified: 23 May 2022 02:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8424

Actions (login required)

View Item View Item