STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Sari, Indah Permata (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
INDAH PERMATA SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan nilai afektif siswa pada aspek kedisiplinan dan kejujuran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu dan untuk menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan nilai afektif siswa pada aspek kedisiplinan dan kejujuran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi. Dianalisis menggunakan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan dengan: trianggulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi guru dalam meningkatkan nilai afektif siswa pada aspek kedisiplinan dan kejujuran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu dengan menggunakan strategi ekspositori, yaitu dengan cara: metode pembiasaan, memberikan pengawasan dan motivasi, pemberiaan reward dan pubishment, mem berikan teladan bagi siswa, dan kegiatan keagamaan. Faktor pendukung strategi guru dalam meningkatkan nilai afektif siswa pada aspek kedisiplinan dan kejujuran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP negeri 10 Kota Bengkulu yaitu tata tertib sekolah, kekompakan dan kerjasama antarguru, kondisi pembelajaran yang kondusif dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat strategi guru dalam meningkatkan nilai afektif siswa pada aspek kedisiplinan dan kejujuran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yaitu alokasi waktu pembelajaran yang kurang, kurangnya kesadaran siswa untuk disiplin dan jujur, faktor keluarga dan masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Nilai Afektif, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 23 May 2022 02:10
Last Modified: 23 May 2022 02:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item