IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU

Rati, Leri (2022) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN HARSALLAKUM KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
LERI RATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Seorang guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik sekaligus orang tua kedua bagi muridnya di sekolah harus memiliki keahlian atau kompetensi yang memadai agar tercipta suatu prestasi belajar yang baik bagi siswa.salah satu kompetensi guru yang wajib dikusi adalah kompetensi pedagogik.secara umum, kompetensi pedagogik adalah suatu kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sehingga menghasikan suatu pembelajaran yang epesien dan efektif.salah satu mata pelajaran yang cukup penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah Fiqih.dengan adanya ilmu fiqih,siswa dapat menjalankan ibadahnya dengan mengetahui landasan suatu syari‟at islam.oleh karena itu, seorang guru fiqih harus mampu mengelola pembelajaran dengan baik supaya belajar siswa tetap stabil.tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kompetensi pedagogik guru dalam mata pelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII A dan VIII E di pondok pesantren Al-Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu.serta Faktor kendala dan pendukungnya.pada penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan studi lapangan di pesantren Al-Qur‟an Harsallakum Kota Bengkulu.Teknik Pengumpulan data dengan observasi , wawancara dan dokumentasi yang didapat langsung dari sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif yang diawali dengan mereduksi data, kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi kompetesi pedagogik guru dalam mata pelajaran fiqih terhadap prestasi belajar siswa cukup baik,terutama dalam hal kemampuan menguasai karakteristik peserta didik,menguasai teori belajar dan prinsif pembelajaran yang mendidik,mengembangan kurikulum dan merenanakan pembelajaran,melakukan penilaian dan evaluasi terhadap hasil belajar siswa.Faktor pendukungnya adalah 1) Sertifikat Guru 2) kompetensi dan kreativitas guru 3) kebijakan dari kepala sekolah.Adapun Faktor Kendala adalah 1) masa pubertas siswa 2) kurangnya kedisplinan siswa dan 3) kurangnya jam pembelajaran sehingga penjelasan materi,praktek nya tidak cukup

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Guru Fiqih
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 23 May 2022 02:13
Last Modified: 23 May 2022 02:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8428

Actions (login required)

View Item View Item