Strategi Pengurus Pondok Pesantren Dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kota Manna Bengkulu Selatan

Julita, Lusi (2021) Strategi Pengurus Pondok Pesantren Dalam Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kota Manna Bengkulu Selatan. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
LUSI JULITA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana strategi pondok pesantren Makrifatul Ilmi dalam penerapan pendidikan multikultural kepada santri dan Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan multikultural apa saja yang terdapat di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni, penelitian dengan mengumpulkan bahan atau data yang relevan, kemudian dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori yang ada sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik analisis data yaitu Analisis data versi Miles dan Huberman, bahwa ada tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Pimpinan, ustadz, ustadzah, staf, santri dan santriwati pondok pesantren untuk dimintai keterangan dengan melalui wawancara, guna mencari informasi tentang penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kota Manna Bengkulu Selatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Strategi yang dilakukan oleh pengurus Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan yakni dengan menggunakan strategi keteladanan dan pembiasaan. Strategi keteladanan yang dilakukan oleh pengurus dengan mencotohkan diri mereka sendiri dalam kehidupan sehari-hari menjalankan nilai-nilai multikultural; nilai demokrasi, nilai keadilan dan nilai toleransi. Sedangkan untuk strategi pembiasaan, pengurus menerapkan beberapa aturan seperti membiasakan santri untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari mereka selama berkomunikasi di lingkungan pondok pesantren dan Nilai-nilai pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan yakni nilai demokrasi, nilai keadilan dan nilai toleransi. Nilai demokrasi adalah nilai yang memberikan kebebasan terhadap santri dalam mengekspresikan karya atau pendapat yang mereka miliki tanpa adanya tekanan. Nilai keadilan adalah nilai yang memberikan hak dan hukuman yang sama terhadap santri. Dan nilai toleransi adalah nilai yang menerima setiap perbedaan antara sesama santri, ustadz, ustadzah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 25 May 2022 02:59
Last Modified: 25 May 2022 02:59
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8439

Actions (login required)

View Item View Item