PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 79 BENGKULU TENGAH

Sari,, Intan purnama (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CLIS (CHILDREN LEARNING IN SCIENCE) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 79 BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
INTAN PURNAMA SARI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 79 Bengkulu Tengah. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model CLIS (Children Learning In Science) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 79 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen atau eksperimen semu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data di uji dengan menggunakan uji statistik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, serta sesuai dengan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model CLIS (Children Learning In Science) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 79 Bengkulu Tengah. Hal ini dapat dilihat dari thitung yang diperoleh adalah 4,227 sedangkan ttabel=2,00 maka thitung lebih besar dari ttabel baik pada taraf signifikansi 5% Dengan demikian hipotesis kerja yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh model CLIS (Children Learning In Science) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 79 Bengkulu Tengah dapat diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model CLIS, Hasil Belajar, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 03:01
Last Modified: 30 May 2022 03:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item