PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 24 SELUMA

Bimantara,, M Aldo tri saktti (2021) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 24 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
M ALDO TRISAKTTI BIMANTARA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SDNegeri 24 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Experiment (Eksperimen Semu), desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sedangkan pengambilan sampel dengan teknik Sampling Jenuh, karena semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VA berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB berjumlah 20 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu media animasi sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media animasi pada pembelajaran IPA di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari hasil Posttest kelas VA (kelas eksperimen) memiliki nilai rata-rata 80,75 sedangkan hasil Posttest kelas VB (kelas kontrol) memiliki nilai rata-rata 68. Hasil ini dilihat juga dari perhitungan hipotesis dengan menggunakan uji “t” terhadap kedua kelompok dengan hasil yang diperoleh, thitung = 6, 7079. apabila dikonsultasikan dengan ttabel dengan df 38 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,024 dengan demikian thitung  ttabel (6, 7079  2,024) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu terdapat pengaruh media film animasi terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDNegeri 24 Seluma.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Animasi, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 03:02
Last Modified: 30 May 2022 03:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8444

Actions (login required)

View Item View Item