PENERAPAN MEDIA BELAJAR BERBASIS PEMBELAJARAN DARING DI KELAS BAWAH SDIT AL-QISWAH KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Della,, Marisa san (2021) PENERAPAN MEDIA BELAJAR BERBASIS PEMBELAJARAN DARING DI KELAS BAWAH SDIT AL-QISWAH KOTA BENGKULU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
MARISA SAN DELLA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui penerapan media belajar berbasis pembelajaran daring di kelas bawah SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu pada masa pandemi covid-19 serta hambatan dalam penerapannya. Jenis penelitian ini yaitu field research adalah penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan datanya yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan media belajar berbasis pembelajaran daring di kelas bawah SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu pada masa pandemi covid-19 yaitu dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi whatsapps chat dan whatsapps group pada setiap harinya, sedangkan seminggu sekali melakukan tatap muka dengan aplikasi zoom meeting. Tugas-tugas diberikan melalui pesan whatsapps juga agar memudahkan siswa, dengan cara yaitu tugas dikirim lewat pesan whatsApps dan biasanya siswa memfoto tugas tersebut dan mengirimkan pada guru; 2) Hambatan yang dihadapi guru dalam penerapan media belajar berbasis pembelajaran daring di kelas bawah SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu pada masa pandemi covid-19 seperti jaringan internet menjadi kendala dalam pengumpulan tugas dan ketika melakukan tatap muka dengan aplikasi zoom meeting, adanya keterbatasan kuota internet, siswa merasakan kebosanan dalam belajar daring di rumah, ketidaktepatan waktu siswa dalam pengumpulan tugas, serta pemantauan kejujuran siswa dalam mengerjakan evaluasi/penilaian agak sulit dilakukan guru. Dengan demikian, penerapan media belajar berbasis pembelajaran daring di kelas bawah SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu pada masa pandemi covid-19 dinilai kurang berjalan efektif dalam hal efisiensi waktu dan penghematan biaya dikarenakan banyak terjadi permasalahan seperti permasalahan karena keterbatasan sarana dan prasarana serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran tematik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 03:02
Last Modified: 30 May 2022 03:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8445

Actions (login required)

View Item View Item