KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA SDN 117 BENGKULU UTARA

Astuti,, Metri puji (2022) KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA SDN 117 BENGKULU UTARA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
METRI PUJI ASTUTI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kompetensi guru berperan penting dalam kegiatan evaluasi untuk mengetahui keefektifan pembelajran peserta didik. Guru diharapkan memiliki kompetensi pedagogik dalam mengevaluasi pembelajaran, dengan adanya kompetensi pedagogik guru akan mampu mengelola proses pembelajaran dengan maksimal dan mampu meningkatkan minat belajar siswa serta lebih memahami instrumen seperti apa yang harus dibuat dalam mengevaluasi pembelajaran siswa khusunya pada pembelajaran tematik. Namun masih ada guru yang belum menerapkan kompetensi pedagogik secara terdidik dan terlatih, sehingga menunurunkan minat belajar peserta didik.Sebagaimana halnya guru di SDN117 Bengkulu Utara yang sudah dapat menerapkan kompetensi pedagogik guru yang baik dalam membuat instrumen evaluasi pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam membuat instrumen evaluasi pembelajaran tematik dengan menggunakan kompetensi pedagogik.Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan cara pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam membuat instrumen evaluasi pembelajaran tematik di kelas 1,2 dan 3 SDN 117 Bengkulu Utara sudah cukup baik. Dibuktikan dengan adanya validasi butir soal sebagai alat/instrumen evaluasi pada siswa dan instrumen yang dibuat sudah berdasarkan kata kerja operasional (KKO) dan sudah mendekati standar yang terdapat pada 3 kategori, yaitu soal kemampuan tingkat rendah/LOTS (Lower Order Thinking Skill), tingkat menengah/MOTS (Medium Order Thinking Skill). dan tingkat tinggi/HOTS (High Order Thinking Skill), untuk kelas tinggi.Dan kategori soal kemampuan tingkat rendah (LOTS) dengan kategori tingkat menengah (MOTS) yang digunakan untuk kelas rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, instrumen evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 03:02
Last Modified: 30 May 2022 03:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8448

Actions (login required)

View Item View Item