PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 58 KOTA BENGKULU

Lovya,, Nia trisna (2022) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 58 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
NIA TRISNA LOVYA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Peserta dikatakan berhasil dalam belajar apabila siswa mencapai tujuan pelajaran. Dalam dunia pendidikan hasil belajar berkaitan dengan perubahanperubahan pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Orang tua juga berperan penting dalam pendidikan anak, oleh karena itu latar belakang pendidikan orang tua dapat membantu orang tua terampil dalam mendidik anak-anaknya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dalam aspek fisik, emosional, sosial, keuangan, dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 58 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 orang siswa kelas V SDN 58 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, dokumentasi, daftar nilai raport. Pendidikan orang tua tamatan SD berjumlah 12 orang, tamat SMP berjumlah 19 orang, tamat SMA berjumlah 16 orang, dan tamat S1 berjumlah 5 orang. hasil analisis data penelitian uji hipotesis dijelaskan bahwa persamaan regresi linier sederhana membentuk pola Y = 69,54 + 0,045X dapat diartikan nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,93 menunjukan setiap kenaikan nilai keterlibatan orang tua dalam belajar matematika anak, maka akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,93. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 58 Kota Bengkulu. Dengan demikian, diterima dan ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Orang Tua, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 03:02
Last Modified: 30 May 2022 03:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8449

Actions (login required)

View Item View Item