PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU

Eftia,, Oka (2022) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 74 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
OKA EFTIA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pengaruh yang signifkan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri 74 Kota Bengkulu. Adapun jumlah populasi siswa adalah 302 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative tipe TGT terhadap hasil belajar. Dengan dibuktikan dari hasil pengujian uji “t” diperoleh thitung = 6,11 sedangkan ttabel dengan df 28 pada taraf signifikan 5% yaitu 0,374. Dengan demikian thitung > ttabel (6,11>0,374) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat perbedaan antara penggunaan model pembelajaran cooperative tipe TGT dengan tanpa menggunakan model pembelajaran cooperative tipe TGT terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 74 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif, Team Games Tournament, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 04:25
Last Modified: 30 May 2022 04:25
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8456

Actions (login required)

View Item View Item