HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV MIS SUKARAMI KECAMATAN AIR NIPIS KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Kurniadi,, Ongki (2022) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV MIS SUKARAMI KECAMATAN AIR NIPIS KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
ONGKI KURNIADI.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian Ini Mengetahui Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pkn Kelas IV Mis Sukarami Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional untuk menguji hubungan antara dua variabel. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa dengan sampel sebanyak 21 siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, angket/angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) sebagian besar subjek dalam penelitian ini memiliki tingkat kecerdasan emosional dalam kategori sedang yaitu berjumlah 9 siswa atau 64,3%. 2) sebagian besar mata pelajaran dalam penelitian ini memiliki hasil belajar PKn dalam kategori sedang yaitu berjumlah 9 siswa atau 64,3%, pada kategori 6 siswa memiliki kategori tinggi sebesar 19,7% dan sisanya dalam kategori rendah sebesar 16% ada adalah 5 siswa. 3) hasil analisis korelasi diperoleh Sig. (2-tailed) pada korelasi output sebesar 0,764 > 0,213 yang menunjukkan terdapat “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas IV MIS Sukarami Kecamatan Air Nipis Bengkulu Selatan”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar PKn, Kecerdasan Emosional, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 04:26
Last Modified: 30 May 2022 04:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8459

Actions (login required)

View Item View Item