PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK PADA MATA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 96 KAUR

Syaputra,, Pengky rama (2022) PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK PADA MATA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 96 KAUR. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
PENGKY RAMA SYAPUTRA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Pop-up Book Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 96 Kaur. Hal ini dikarenakan pada saat proses pembelajaran IPA di kelas siswa masih Fasif dan kurang Motivasi pada dirinya, guru belum menggunakan media yang bervariasi dan pembelajaran cenderung dengan menggunakan LKS. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desai quasi ekperimen . Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siwa kelas V SD Negeri 96 Kaur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan Uji T-tes dan Uji Manova dengan bantuan Program Statistical Product for Servicer Solution (SPSS) 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dari lembar observasi variabel X dan variabel Y, maka dapat dilihat hasil penelitian pada kelas eksperimen terhadap motivasi sebesar 0,262 > 0,05. Dan nilai sig. pada kelas eksperimen terhadap hasil belajar adalah 0,294 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang diakibatkan oleh pemberian media konvensional pada kelas kontrol. sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan pearson correlation 0,05 yang berarti derajat pengaruh media tersebut terhadap motivasi belajar dan hasil belajar memiliki pengaruh yang sangat kuat serta arah pengaruh pengggunaan yang positif yang berarti semakin besar motivasi belajar dan hasil belajar siswa maka semakin besar pula nilai yang akan diperoleh begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pop-Up Book, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 04:26
Last Modified: 30 May 2022 04:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8461

Actions (login required)

View Item View Item