PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU

Nuryani,, Rima Mahalia (2021) PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 65 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
RIMA MAHALIA NURYANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada tanggal 2 Maret 2020 ditemukan pertama kali dua kasus infeksi covid-19 di Indonesia. Covid-19 berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Keputusan pemerintah untuk mengalihkan proses belajar mengajar di rumah masing-masing menjadi daring demi mumutuskan mata rantai penuluran covid-19. Hal tersebut menimbulkan berbagai persepsi orang tua sebagai pendamping anak belajar di rumah. Orang tua berperan dalam mendampingi anak belajar daring. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri 65 Kota Bengkulu, orang tua mengalami kesulitan dalam mendampingi anak belajar daring dalam segi waktu, fasilitas, dan pemahaman materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi orang tua mengenai pembelajaran daring di SD Negeri 65 Kota Bengkulu, dampak apa saja yang di alami para orang tua, dan upaya yang dilakukan orang tua dalam mendampingi anak belajar dan mengatasi kesulitan pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumntasi. Dalam penelitian ini teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah trinangulasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 65 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) para orang tua memiliki persepsi yang sama mengenai pembelajaran daring di SD Negeri 65 Kota Bengkulu. (2) dampak yang dialami orang tua selama pembelajaran ada ada dampak positif dan dampak negetif. Dampak Negatif yaitu waktu orang tua yang minim, kurangnya pemahaman orang tua pada materi, fasilitas yang tidak memadai, pengeluaran bertambah, orang tua dituntut mengerti teknologi, sedankan dampak positif yaitu memiliki banyak waktu bersama anak dan mengerti perkembangan anak (3) upaya orang tua dalam mendampingi anak belajar daring dan mangatasi kesulitan pembelajaran daring yaitu kondisi anak saat belajar daring, pendampingan orang tua saat belajar daring, menyediakan waktu khusus, menyediakan fasilitas, memberi belajar tambahan, pemberian motivasi kepada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pembelajaran Daring, Orang Tua
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 04:26
Last Modified: 30 May 2022 04:26
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8463

Actions (login required)

View Item View Item