PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 79 KOTA BENGKULU

Sundari,, Rita (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 79 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
RITA SUNDARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran daring adalah merupakan sebuah inovasi pendidikan yang melibatkan unsur teknologi informasi dalam pembelajaran. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang relatif menetap. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring melalui whatsapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 79 Kota Bengkulu. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran sistem daring variabel (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar variabel (Y). Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan ekspo facto. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Sampel penelitian sebanyak 26 orang dari 102 orang populasi. Teknik pengambilan datanya yaitu angket dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan adalah uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji T diketahui bahwa nilai thitung = 5,127 dan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 26-2 = 24, = 2,064 lebih besar dari rtabel, 5,127 ≥ 2,064, yang artinya nilai tersebut sginifikan dan ada hubungan atau pengaruh antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 5,127. Sementara itu, persamaan regersi linier atau sumbangan pengaruh untuk variabel X (pembelajaran sistem daring) dan variabel Y (hasil belajar) dapat dilihat dari persamaan regresi linier. Dari hasil hitung, didapatkan nilai persamaan regersi linier sebesar -1,003

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring melalui whatsapp, hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 31 May 2022 01:20
Last Modified: 31 May 2022 01:20
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item View Item